Perhatikan Cara Memilah Telur Puyuh Untuk Dikonsumsi Berikut Ini

cara memilah telur puyuh

Tips Memilih dan Memilah Telur Puyuh

Telur menjadi salah satu kebutuhan pokok serta keperluan rumah tangga maupun industri makanan. Kebutuhan akan telur terbilang cukup besar dan dipasok oleh para peternak yang secara khusus memproduksi telur. Sebelum mengonsumsi telur, kita harus cermat memilih telur mana yang hendak dibeli. Ini karena besar kemungkinan telur dijual dalam keadaan rusak sehingga kualitasnya menurun. Yang lebih berbahaya lagi adalah apabila kerusakan telur membuatnya menjadi berbahaya untuk dikonsumsi. Inilah pentingnya mengetahui cara memilah telur puyuh untuk dikonsumsi. Berikut adalah ciri-ciri telur yang baik dari bentuk luarnya serta mengetes apakah telur layak konsumsi atau tidak.

  1. Ciri telur yang baik dapat diketahui dari bentuk luarnya yang bulat telur. Selain itu, telur harus dalam keadaan bersih, kulitnya rata, isi di dalamnya tidak berbunyi saat digoncangkan, serta tidak cacat ataupun retak.
  2. Agar dapat memastikan secara lebih lanjut kualitas dari telur tersebut, kita bisa melakukan serangkaian pengujian sederhana. Yang pertama adalah dengan meneropong telur. Kita bisa menggunakan lampu pijar ataupun sinar matahari saja. Bagian ujung telur yang ukurannya lebih besar ditempelkan di lampu, karena rongga udara telur berada di bagian tersebut. Saat meneropong telur, kita akan melihat rongga udara telur, putih telur serta kuning telurnya. Telur yang masih segar akan tampak rongga udara berukuran kecil, kulit telur yang mulus, tidak terdapat noda dalam isi telur serta kuning telurnya berada di tengah.
  3. Cara memilah telur puyuh untuk dikonsumsi selanjutnya adalah dengan merendam telur dalam air. Sediakan gelas transparan lalu isi air secukupnya. Masukkan telur dalam gelas kemudian amati posisi telur hingga sampai ke dasar gelas. Apabila telur terbaring sempurna di dasar gelas maka usia telur itu masih sangat baru. Jika sebagian telur melayang maka umurnya kira-kira sudah satu minggu. Sementara apabila telur mengapung, maka itu artinya usia telur sudah lama, sekitar 2 hingga 3 minggu.
  4. Pengujian berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memecahkan telur tersebut di atas piring. Telur yang masih baru, bagian putihnya akan tampak kental. Telur yang berusia satu minggu makan bagian putih telurnya akan melebar. Sementara telur yang usianya antara 2 hingga 3 minggu, bagian putih telur akan meluas dan encer.

Demikian adalah cara memilah telur puyuh untuk dikonsumsi. Mendapatkan telur yang berkualitas akan memastikan kita memperoleh semua manfaat kesehatan dari mengonsumsi telur, seperti protein dan aneka mineral lainnya. Cara-cara di atas tidak hanya dapat dipraktekkan untuk telur puyuh saja namun juga untuk telur unggas lain, seperti telur ayam dan telur bebek. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebelum membeli telur untuk dikonsumsi.

Save